Monday, September 12, 2016

Cara Membuat Gelang Unik Dari TaliSepatu Yang Menarik

Edit Posted by with No comments

Gelang merupakan perhiasan yang sudah tak asing lagi terutama untuk kaum wanita. Bagi sebagian orang, mengenakan gelang merupakan sarana untuk memperindah penampilan atau bahkan dijadikan sebagai koleksi yang unik. Bicara tentang keunikan, ada bebarapa gelang yang bisa dibilang unik dari segi bentuk ataupun
bahannya,misalnya gelang dari limbah yang di daur ulang atau bahkan dari barang bekas yang sudah  tak terpakai lagi. salah satu contohnya adalah gelang  yang terbuat dari tali sepatu.
Eksistensi  gelang dari tali sepatu  bukan hal baru  di Indonesia, pada jaman dulu gelang tali sepatu sering digunakan sebagai simbol kasih sayang persahabatan atau bahkan percintaan. Tetapi, dengan berkembangnya jaman gelang tali sepatu ini semakin berkembang penggunaanya dan modelnya pun semakin  beragam. Pada kesempatan ini saya akan mengajak sahabat pembaca untuk belajar membuat beberapa model gelang dari tali sepatu yang unik dan tentunya mudah untuk dibuat.

Cara mudah membuat gelang tali sepatu simple


Untuk perkenalan kita belajar membuat gelang dari tali sepatu yang paling mudah dan  simple.Langkah-langkahnya sebagai berikut :
1.Alat dan bahan
Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat gelang dari tali sepatu tentunya menyiapkan alat dan bahannya sebagai berikut :
  • Tali sepatu
  • lem super
  • gunting
  • korek api
2.Langkah-langkah membuat gelang
  • Ukur panjang tali sepatu yang ingin di jadikan gelang ke tangan anda, kemudian tali sepatu tersebut di potong menggunakan gunting.
    TIPS: Jika anda ingin terlihat lebih rapi, bekas guntingannya bagian ujung ujung sebaiknya di bakar menggunakan korek api.
  • Setelah di potong, buat tali sepatu menjadi melingkar mengikuti lingkar tangan, kemudian di lem dengan menggunakan lem super, kemudian tunggu hingga kering.
3.setelah kering  gelang tali sepatu yang simple siap menghiasi tangan anda

Cara membuat gelang tali sepatu mutiara


Tali sepatu mutiara ini modelnya lebih modern dan elegan, tapi tenang aja cara buatnya tetep mudah dan layak di coba.
1.Alat dan bahan
  • Tali sepatu dengan warna sesuai yang diinginkan
  • Manik-manik mutiara
  • Jarum dan benang dengan warna sesuai warna tali sepatu
  • Korek api yang digunakan untuk merapikan ujung tali sepatu.
  • Gunting
2.langkah-langkah membuat gelang tali sepa      Jika semua alat dan bahan  udah disiapkan,saatnya kita melakukan langkah-langkah membuat tali sepatu mutiara sebagai berikut :
Pertama
Tusukan jarum yang sudah diberi benang ke dalam tali sepatu lalu masukan manik-manik berupa mutiara kedalam jarum dan bentuk tali secara bergelombang supaya menimbulkan kesan unik dan lucu. Ikuti langkah kesatu dengan tetap memasukan mutiara.
Kedua
Gunting ujung tali sepatu dengan rapi lalu bakar dengan korek api supaya benang-benangnya tidak rontok. Selanjutnya buatlah lubang pada ujung tali dengan menggunakan jarum plus benang , dan lakukan juga pada ujung tali satunya lagi.Setelah itu  gelang mutiara cantik  siap mempercantik tangan anda.

Cara membuat gelang tali sepatu kepang


Selain model-model diatas, gelang dari tali sepatu bisa juga dibuat model  kepang yang tentunya tidak kalah cantik dan uniknya.langkah-langkahnya sebagai berikut :
Pertama
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiap alat dan bahan yaitu:
  • Tali sepatu dengan warna sesuai keinginan sebanyak 3 buah.
  • Cincin penutup (bisa ditemukan di toko besi /bangunan)
  • Gunting
Kedua
Selanjutnya setelah semua alat dan bahan disiapkan, ambil tali sepatu sebanyak tiga buah, dan lakukan ikat simpul.
Ketiga
Setelah itu, kepanglah tali sepatu hingga kira-kira 5cm, lalu  Masukkan cincin penutup di salah satu tali bagian pinggir untuk dikepang, dan letakkan tali bagian pinggir yang sudah dikasih cincin penutup ke bagian tengah.
Keempat
Langkah selanjutnya  masukkan cincin penutup lain ke bagian pinggir yang lain, letakkan lagi ke tengah, intinya mengepang tapi dengan cincin penutup ulangi langkah tadi sampai cincin habis.
Kelima
Setelah selesai mengepang cincin, lanjutkan kembali dengan mengepang tali sepatunya hingga ujung dan kuatkan kepangannya dengan melakukan tali simpul diujung kepangan.setelah selesai barulah gelang tali sepatu kepang siap mempercantik tangan anda.
Bagaimana ? mudah bukan ?meski sebenarnya mudah untuk membuatnya tapi untuk menghasilkan gelang yang rafi dan indah dipandang diperlukan ketelitian dan kesabaran. Namun, disamping itu membuat kreasi gelang sendiri bisa menjadi kebanggaan tersendiri yang gak kalah bangganya ketika kita mengenakan  gelang yang sangat mahal. Selain itu membuat gelang sendiri juga bisa menumbuhkan kreativitas dan jiwa seni atau bahkan bagi sebagian orang yang memiliki jiwa interpreneur hal ini bisa dijadikan lahan  bisnis yang bisa menghasilkan rupiah dengan modal yang tidak terlalu besar. Misalnya kita membeli tali sepatu dengan harga yang lumayan murah setelah itu kita utak atik menjadi sebuah gelang yang indah dan menarik sehingga memiliki nilai jual yang mahal dan dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah.

sumber : http://blogoinformasi.com/cara-membuat-gelang-unik-dari-tali-sepatu-yang-menarik/

0 comments:

Post a Comment