Monday, September 12, 2016

KLAPERTART KHAS MANADO

Edit Posted by with No comments

Klapertart merupakan salah satu kue khas Manado yang terinspirasi dari berbagai kue khas Belanda. Makanan ini mulai muncul di Indonesia pada jaman kolonial. Bagi orang Belanda, kue ini disebut sebagai “klappertaart”, namun orang Indonesia lebih suka melafalkan dan menulisnya dengan sebutan “klapertart”.

Di Indonesia sendiri klapertart banyak dibuat di daerah Manado sehingga tidak salah jika klapertart dijuluki sebagai kue khas Manado. Klapertart yang ada di Indonesia biasanya menggunakan bahan berupa kelapa, susu, tepung terigu, telur, dan mentega.

resep klapertart panggang

Klapertart biasanya dimasak dengan cara dipanggang sehingga hasilnya mirip dengan kue tart pada umumnya. Namun saat ini klapertart juga banyak yang dibuat tanpa oven, yakni dengan cara dikukus sehingga teksturnya menjadi lebih lembut.

Klapertart juga jauh lebih nikmat jika disajikan dalam keadaan dingin. Maka dari itu, kue ini biasanya dimasukan ke dalam kulkas terlebih dahulu sebelum disajikan. Selain rasa original, saat ini klapertart sudah berkembang dengan berbagai varian rasa, mulai dari keju, durian, coklat, bluberi, dan lainnya.

Tidak hanya rasanya saja, saat ini terdapat juga varian klapertart yang rendah kalori. Kalpertart rendah kalori ini sangat cocok bagi orang-orang yang sedang menjalani program diet karena klapertart biasa memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi.

Jika Anda berkunjung ke Manado, maka sangat mudah sekali bagi Anda untuk menemukan klapertart ini. Namun bagi Anda yang tidak sempat kesana, maka Anda bisa mencoba cara membuat klapertart sendiri berikut ini.

Bahan-Bahan Klapertart

cara membuat klapertart

Bahan-bahan untuk pembuatan resep klapertart panggang ini sangat mudah didapatkan karena makanan ini asli Indonesia. Bahannya akan kita bagi menjadi tiga jenis, yakni bahan I, bahan II, dan bahan toping. Berikut bahan I yang harus Anda siapkan:

Tepung terigu sebanyak 125 gram (protein sedang)
Gula pasir sebanyak 175 gram, haluskan
Susu bubuk sebanyak 50 gram (merek apapun)
Air kelapa sekitar 500 – 600 ml (jika ingin tekstur lembut), dan 300 – 400 ml (bila ingin tekstur kental)
Kuning telur sebanyak 4 butir
Margarin cukup sebanyak 100 gram, lelehkan
Garam sebanyak 1/4 sendok teh
Pasta vanilla/vanilli sekitar 1/2 sendok teh

Bahan II:

Kismis sebanyak 30 gram
Kenari kacang almond panggang 30 gram
Kelapa muda (daging lembut) sebanyak 3 butir, kerok dagingnya
Bahan toping:

Gula pasir sebanyak 50 gram
Putih telur dari 3 butir
Garam sekitar 1/4 sendok teh
Cream of tartar sebanyak 1/2 sendok teh
Kayu manis bubuk (untuk taburan) secukupnya
Kismis seperlunya
Cara Membuat Klapertart Panggang

Jika semua bahan telah terkumpul, mari kita langsung membuatnya. Langkah pertama campurkan bahan-bahan I dalam sebuah wadah dan aduk-aduk hingga tercampur secara merata. Apabila sudah tercampur secara merata, saring campuran tersebut.

Setelah itu siapkan panci rebus untuk memasak adonan bahan I tadi. Masak adonan tersebut hingga mengental secara sempurna. Setelah mengental tambahkan air kelapa muda, kenari, dan kismis ke dalamnya. Aduk-aduk kembali hingga tercampur mereta dan kental. Namun jika terlalu kental, Anda bisa mengencerkan dengan menambah sedikit demi sedikit air kelapa.

Dalam wadah yang berbeda, kocoklah putih telur bersama dengan gula, cream of tartar, dan garam hingga kaku. Sisihkan terlebih dahulu.

Tuang adonan yang telah kita buah sebelumnya dalam sebuah cetakan berbahan dasar alumunium foil. Kemudian olesi dengan menggunakan kocokan putih telur. Setelah itu di atasnya beri hiasan kayu manis bubuk agar tampilannya semakin cantik.

Siapkan oven atau pemanggang. Lalu panggang adonan tersebut dalam oven selama 10 menit dengan suhu mencapai 170 derajat celcius. Terakhir apabila sudah matang, angkat kue tersebut dan letakan di atas meja agar panas dan uapnya pergi.

Seperti disinggung di atas, kalpertart merupakan kue yang sangat nikmat jika disajikan dalam keadaan dingin. Maka dari itu sangat disarankan bagi Anda untuk menaruhnya terlebih dahulu di dalam lemari es selama beberapa saat sebelum menyajikannya.

Agar penampilan kue tersebut semakin cantik, Anda bisa juga mengganti hiasan toping dengan bahan-bahan lain mulai dari potongan buah-buahan, kacang, krim, coklat, keju, dan lain sebagainya. Anda juga dapat mencampurkannya dengan roti tawar agar varian rasa kue yang satu ini akan semakin nikmat dan beragam.

Itulah resep klapertart panggang nikmat khas Manado. Selamat mencicipi:)

Sumber : bacaterus.com/resep-klapertart-panggang/

0 comments:

Post a Comment